Wednesday, May 2, 2018

MELATIH MATA BATIN INDRA KE ENAM

MELATIH MATA BATIN INDRA KE ENAM I. LATIHAN PENGEMBANGAN

1.Duduklah santai di kursi, dalam kamar yang dibuat setengah gelap. Buatlah secara mental (yaitu bayangkannlah) di depan anda sebuah terowongan atau pipa. Arahkan pipa ini di rumah teman  anda, dan lihatlah melalui pipa itu. Pergilah secara mental ke dalam kamar dan lihat, apakah terdapat seorang di situ (bila demikian, siapa dia dan bagaimana rupanya). Catatlah apa yang anda lihat supaya anda dapat mencocokkan di hari esoknya, seberapa jauh kebenaran pandangan anda.


2. Buatlah sebuah pipa seperti di atas. Di ujung pipanya yang anda bayangkan sepanjang 100 meter, upayakan melihat muka teman anda. Berupayalah mengenali ciri-ciri raut mukanya, membuatnya muka itu makin dekat. Setelah melakukan ini, secara sedikit demi sedikit tariklah gambar teman anda itu ke arah anda, dengan menggunakan daya kemauan; sampai hanya sejauh dua kaki dari anda. Raut muka itu sekarang harus terlihat jelas dan tiap ciri dapat dibedakan. Bila anda mampu membayangkan raut mukanya begitu jelasnya, seakan-akan anda melihatnya benar-benar di depan anda, maka kemampuan anda berkembang.

Sekarang anda boleh melakukan percobaan mempengaruhi orang itu dari jarak jauh. Sambil melihat raut mukanya seperti diterangkan di atas. Gunakan kemampuan anda supaya ia melakukan sesuatu, supaya mengingat anda pada waktu tertentu, atau supaya melihat muka anda di depannya. Bila anda melalukan dengan tekun, akhirnya anda akan berhasil mempengaruhi orang lain dengan pasti.

Keberhasilan anda, dalam hal ini sangat tergantung dari kemampuan untuk mempertahankan gambaran anda itu sejelas mungkin di depan mata, dan berkonsentrasi atas gambaran itu. Bila tidak demikian, maka upaya anda akan gagal, karena ada banyak aliran astral berloncatan kian kemari dan cinderung menghancurkan gambaran astral anda. Dalam melakukan eksperimen ini, hendaknya anda tidak lupa selalu mempertahankan kesadaran anda supaya tetap terpusatkan dalam badan anda, dan tidak membiarkannya pergi bersama pikiran anda, hanya kemauan anda saja yang  pergi keluar; anda harus menahan kesadaran tetap berada dalam badan. Bila tidak demikian, maka eksperimen itu akan gagal. Titik tolak anda, "pusat fokus" anda harus tetap dijaga.

Dalam mengembangkan pandangan terang, haruslah anda ingat bahwa kepercayaan dan keyakinan cinderung membuka daya terpendam anda, sedangkan ketidakpercayaan mempunyai efek berlawanan. Ini berlaku bagi semua pengembangan kebatinan.

II. LATIHAN PENGEMBANGAN KEPEKAAN

Kemampuan Kepekaan rasa atau mata batin ada yang sudah dibawa dari sejak lahir (bakat/indigo) ataupun bisa dengan dilatih. Asalkan kita mau berlatih dengan rajin dan bersungguh-sungguh kemungkinan besar latihan kita akan cepat membuahkan hasil. Tapi kalau kita bermalas-malasan disertai rasa sombong, maka jangan harap kepekaan rasa anda akan terasah dengan baik.

Berikut latihan-latihan pengembangan kepekaan yang harus anda lakukan :

1. Peliharalah kepekaan ujung jari anda. Caranya dengan menggunakan gelas berisi air bersuhu sama dengan badan kita. Tutuplah mata dan tempatkan ujung jari anda sedikit di atas permukaan air. Tanpa melihat, turunkan jari anda sedikit demi sedikit di atas permukaan air. Upayakan supaya anda dapat mengatakan pada saat jari anda menyentuh air  itu. Anda terkejut bila menyadari bahwa pada mulanya anda tidak dapat mengatakannya dengan tepat, ketika jari itu menyentuh air.

2. Latihan lainnya adalah dengan menggunakan jangka, membuka jangka kira-kira selebar seperempat inci. Sentuhlah ujung jari dengan kedua ujung jangka yang rucing ketika mata tertutup. Bila anda dapat mengatakan seberapa jauh kedua ujung jangka itu tanpa melihatnya, maka kepekaan jari anda mulai terkembangkan.

3. Belajarlah bertindak pada kesan pertama. jangan ragu atau takut menyatakan apa yang anda rasakan dan menyatakan kesan yang datang pada anda, Betapa pun anehnya kelihatannya. Ada pepatah berguna yang dapat menolong anda dalam bidang ini. Pepatah itu adalah, "Pikirkan pertama adalah roh, sedangkan pikiran kedua adalah milik anda". Maka itu, belajarlah bertindak atas dasar kesan pertama di hadapan anda.

4. Perhatikan sensasi serta emosi anda sedapat-dapatnya, setelah kesan pertama anda terima, dan lihatlah apa yang anda rasakan atau anda alami dalam diri sendiri. kemudian nyatakanlah ini dengan kata menurut kemampuan anda, misalnya anda melakukan psikometri dengan memegang sebuah arloji. Pada saat itu anda merasa sangat murung dan merasakan sakit di tenggorokan. Ini dapat berarti, bahwa bekas pemilik arloji telah menggantung diri dalam suatu serangan kemurungan atas dirinya.dengan cara ini, emosi yang anda rasakan cocok sepenuhnya dengan emosi yang dipancarkan barang itu.

Cara mengawetkan pengaruh benda atau tidak terhapus atau menjadi kurang kuat ialah hendaknya barang-barang itu disimpan baik dan bungkus dengan plastik tipis. Dengan cara demikian maka pengaruh dari pemilik barang itu terawetkan, sehingga sewaktu-waktu dapat dipergunakan untuk berhubungan dengan roh dari bekas pemilik barang itu. 

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DAN HAK-HAK REMAJA

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DAN HAK-HAK REMAJA
Kesehatan Reproduksi Remaja

Kesehatan reproduksi secara umum menunjuk pada kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial secara utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi, termasuk hak dan kebebasan untuk bereproduksi secara aman, efektif, tepat, terjangkau dan tidak melawan hukum (WHO, 1992:15). Ruang lingkup kesehatan reproduksi adalah sebagai berikut :

1. Pelayanan Keluarga Berencana. Pelayanan ini meliputi memberikan konseling KB dan penyediaan alat kontrasepsi, lengkap dengan nasehat atau tindakan apabila timbul efek samping.

2. Pelayanan kebidanan. Pelayanan ini meliputi memberikan pelayanan kesehatan Atau asuhan bagi perempuan dari masa pranikah, prakehamilan, hingga melahirkan, nifas, menyusui, interval antar kehamilan, hingga masa menopouse, juga pelayanan kepada bayi baru lahir, bayi dan balita, serta pencegahan aborsi.

3. Pelayanan penyakit menular seksual. Pelayanan ini termasuk infeksi saluran reproduksi dan infertilisasi, HIV, dan AIDS.

4. Pelayanan kesehatan reproduksi remaja. Pelayanan ini meliputi pemberian informasi atau pendidikan kesehatan kepada para remaja tentang kesehatan reproduksi (pendidikan seks dini), penyakit-penyakit menular seksual akibat aktivitas seksual yang bebas, bahaya-bahaya narkoba, pernikahan usia muda yang dapat menyebabkan tingginya angka kematian ibu melahirkan, kurang siapnya mental dan psikologi, dan dampak meningkatnya angka perceraian yang akan memberikan dampak sosial (Sastriyani, dkk, 2006:10).

Hak-hak seksual dan kesehatan reproduksi (Konferensi Internasional Kependudukan di Kairo, tahun 1994), antara lain sebagai berikut :

1. Hak untuk mendapatkan informasi dan pendidikan reproduksi.
2. Hak untuk mendapatkan pelayanan dan perlindungan kesehatan reproduksi.
3. Hak untuk memutuskan jumlah dan jarak kelahiran anak.
4. Hak untuk mempunyai kebebasan berpikir dan membuat keputusan tentang kesehatan reproduksi.
5. Hak untuk hidup dan terbebas dari resiko kematian karena kehamilan atau kelahiran ataupun masalah gender.
6. Hak untuk mempunyai kebebasan dan keamanan dalam pelayanan kesehatan reproduksi.
7. Hak untuk mempunyai kebebasan dari penganiayaan dan perlakuan buruk yang menyangkut kesehatan reproduksi.
8. Hak untuk mendapatkan manfaat dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan reproduksi.
9. Hak untuk mempunyai rahasia pribadi dalam menjalankan reproduksi.
10. Hak untuk membangun dan merencanakan keluarga.
11. Hak mempunyai kebebasan berkumpul dan berpartisipasi dalam politik yang bernuansa kesehatan reproduksi.
12. Hak mempunyai kebebasan dari segala bentuk diskriminasi dalam kesehatan reproduksi (BKKBN, 2008b:5)

Dixon (dikutip oleh Darwin, 1996:1-14) menjelaskan bahwa kondisi seksual dikatakan sehat apabila seseorang berada dalam beberapa kondisi. Pertama, terbebas dan terlindung dari kemungkinan tertularnya penyakut yang disebabkan oleh hubungan seksual. Kedua, terlindung dari praktik-praktik berbahaya dan kekerasan seksual. Ketiga, dapat mrngontrol akses seksual orang lain terhadapnya. Keempat, dapat memperoleh kenikmatan atau kepuasan seksual. Kelima, dapat memperoleh informasi tentang seksualitas. Sedangkan, individu dikatakan bebas dari gangguan reproduksi apabila bersangkutan :
1. Aman dari kemungkinan kehamilan yang tidak dikehendaki.
2. Terlindung dari praktik reproduksi.
3. Bebas memilih alat kontrasepsi yang cocok baginya.
4. Memiliki akses terhadap informasi tentang alat kontrasepsi dan reproduksi.
5. Memiliki akses terhadap perawatan krhamilan dan pelayanan persalinan yang aman. serta,
6. Memiliki akses terhadap prngobatan kemandulan (infertility).

Pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja dimaksudkan untuk dapat memberikan pengenalan dan pencegahan bagi remaja dalam mensosialisasikan pengetahuan, sikap, dan perilaku reproduksi yang sehat sebagai dasar bagi pengembangan pembinaan, komunikasi, informasi, dan edukasi bagi remaja. Depkes RI (2004:15) mengidentifikasikan masalah-masalah yang terkait langsung dengan fungsi dan proses reproduksi remaja, antara lain sebagai berikut :

1. Remaja seksual aktif sebelum tercapainya kematangan mental dan sosial.
2. Kehamilan yang tidak dinginkan remaja.
3. menunjang kehamilan sehat (anemia, kurang energi, dan kalori, dan sebagainya).
4. Percobaan pengguguran kandungan yang tidak aman oleh tenaga yang tidak terlatih.
5. Terkena infeksi penyakit menular seksual, termasuk resiko infeksi HIV/AIDS.
6. Resiko berganti-ganti pasangan seksual.
7. Resiko komplikasi kehamilan dan persalinan, termasuk melahirkan bayi prematur dan kelainan lainnya.

KISAH INSPIRASI ORANG SUKSES

KISAH INSPIRASI ORANG SUKSES
Kisah orang sukses
Seperti halnya hak asasi manusia, kecerdasan merupakan berkah paling asasi yang dianugerahkan tuhan untuk manusia. Dengan demikian, tak ada satu pun anak yang benar-benar bodoh dan tak ada satu pun anak yang tak punya spesifikasi jenis kecerdasan. Inilah titik pangkal alasan Howard Gardner menyebut "multiple intellgences" atau kecerdasan jamak.

Kita memang diciptakan Tuhan dengan berkah kecerdasan jamak. Ada yang ahli menjadi pemain theatre, ahli pidato (orator), pelukis, atau pelatih. Ada penulis drama atau olahragawan. Ada juga yang yang cocok menjadi ilmuwan atau peneliti. Ada lagi yang tepat bekerja sebagai pilot dan desainer; dan ada yang pas bekerja sebagai pembaca berita, penyanyi, pencipta lagu, editor buku, pedagang, tenaga pemasaran, pengacara, ahli botani (tumbuhan), dan banyak lagi lainnya. Semua jenis pekerjaan punya keanekaragaman profesi. Kita tinggal memilih jenis pekerjaan sesuai minat dan kecenderungan kecerdasan masing-masing.

"Anak yang terlahir dari orang tua miskin dan buta huruf  punya potensi untuk menjadi genius, setidaknya menjadi cerdas pada bidangnya. Sebaliknya, hal yang sama juga bisa terjadi pada anak yang terlahir dari orang tua kaya-raya dan terpelajar. Dia juga berpotensi untuk menjadi genius pada bidang spesifikasinya. Lebih jauh lagi, kita harus menyetujui bahwa kecerdasan itu bukan tunggal, melainkan jamak, serta tak berhubungan dengan peringkat kelas dan Indeks Prestasi Komulatif (IPK)."

Daniel Goleman, dalam bukunya yang berjudul Emotion Quotieny, membuat kesimpulan hasil risetnya bahwa banyak orang dengan IQ amat rendah pada akhirnya mendapat pekerjaan-pekerjaan amat kasar dan orang-orang dengan IQ tinggi cinderung menjadi pegawai bergaji besar_tetapi tidak selalu demikian.

Theodore Kaczynski, lulusan Universitas Harvard adalah anak paling genius di bidang matematika dan sains, tetapi kepandaian tidak membawanya pada keselarasan  dan kedamaian hidup. Hidupnya berakhir di penjara setelah ia menciptakan teror bom selama puluhan tahun. Walaupun isi kepala Theodore penuh dengan imajinasi matematis, dia tidak sepenuhnya mampu menjawab problematika kehidupannya.

Manny Pacquito, petinju hebat kebanggan Filipina yang dijuluki Pacman, diakui sebagai petinju terbaik yang mampu menggabungkan sabuk juara dunia dari tujuh kelas berbeda. Tentu Manny bisa dikatakan punya tingkat kecerdasan kinestesis yang sangat tinggi. Dia pun menjadi kaya dan terkenal karenanya. Prestasi tersebut mengantarkan Manny menjadi anggota Legeslatif di parlemen philipina. Manny berhasil meraih kesuksesan tersebut bukan karena kekuatan kognitifnya, melainkan melalui kekuatan psikomotoriknya.

Vici Fanny Yunita adalah lulusan Pesantren Daarunnajah Jakarta, dan telah bekerja sebagai seorang public relation di sebuah Perusahaan swasta. Dia amat menyenangi pekerjaannya. Menurutnya, berinteraksi dengan orang lain itu sangat indah. Tentu saja dia bisa berkata demikian karena, seperti yang saya ketahui, dia pandai dalam bergaul, punya banyak teman, komunikatif dan luwes dalam interaksi personal. Tak heran jika Fanny dikatakan punya kecerdasan interpersonal yang tinggi. Tapi, tentunya tidak ada yang menyangka bahwa dia pernah gagal beberapa kali dalam ujian akhir matematika ketika masih bersekolah di pesantren. Kecerdasan logis matematisnya tidak sekuat kecerdasan interpersonal yang mengantarnya menekuni pekerjaannya sekarang.

Saat masih di Sekolah Dasar, desainer terkenal asal Singapura, Ko Pin, mendapatkan tekanan di sekolah dan di rumah karena nilai matematika yang buruk dan kemampuan matematikanya dianggap rendah. Ko Pin benar-benar mengalami kesulitan belajar matematika sehingga keringat membasahi tubuhnya setiap pelajaran matematika dimulai. Dia trauma oleh perlakuan sang ibu dan lingkungan sekitarnya yang menganggap dirinya anak bodoh, malas, dan tidak akan bisa apa-apa dimasa depan. Satu-satunya kecerdasan yang ditunjukkan Ko Pin hanyalah menggambar. Suatu waktu, Ko Pin mengikuti lomba desain dan berhasil menjadi juara. Beberapa tahun kemudian, Ko Pin menjadi disainer terkenal di Singapura. Dominasi kecerdasan spesial-visual Ko Pin mengantarkan dia menemukan kondisi akhir terbaiknya sebagai desainer.

ANAK ANDA TIDAK SEBODOH YANG ANDA KIRA

Saat duduk di kelas dua SD, dia dibuat malu oleh gurunya karena belum bisa membaca. Selanjutnya, menginjak kelas empat, dia diberi label bodoh oleh guru matematika karena tidak mampu mrngalikan delapan dengan empat dengan benar. "dengan kapur tulis, sang guru menuliskan 32 di jidatnya sebagaibjawaban delapan dikali empat". Lalu di kelas lima, dia terpaksa menyanyi di depan kelas. Karena gugup, dia menyanyi dengan kata-kata tidak tepat. "garuda pancasila menjadi Garuda pancapanci". Terakhir, keluar dari kelas enam dia tidak diterima di jenjang lanjutan SMP Negeri karena nilai EBTANASnya yang kurang, walaupun akhirnya dia berhasil masuk juga setelah salah satu peserta yang lulus tidak mendaftar ulang. Saat semester awal di kelas satu SMP, dia menempati ranking 38 daro 40 siswa sehingga dihina teman sekelasnya dengan perkataan meremehkan.

Dia tidaklah sebodoh yang dikatakan orang. Dia hanyalah tidak beruntung dengan perlakuan pendidikan atas dirinya. Sebab, saat kelas satu semester dua SMP, dia tiba-tiba membuktikan dan mampu menempati urutan ke-4 dari 40 siswa, naik 34 tingkat dari semester sebelumnya. Nilai rapornya 8 untuk pelajaran matematika, biologi dan fisika yang sebelumnya mendapat nilai merah 5. Saat di SMA, dia menjadi siswa terbaik bidang kognitif di kelas yang sangat menyenangi pelajaran matematika, kimia, biologi, fisika, dan ekonomi sehingga saat kelas satu, dia menjadi asiaten guru untuk mata pelajaran kimia. Selepas SMA, dia lulus ujian masuk ke perguruan tinggi negeri. Dan saat ini, dia sedang menemukan kondisi akhir terbaiknya sebagai Kepala SMP Alam dan Sains Al Jannah kota Wisata Bogor.

PETILASAN SUNAN KALIJAGA SENDANG KASIHAN

Penampakan Sendang Kasihan

Siapa yang tidak kenal sunan Kalijaga. Konon beliau mempunyai kesaktian karena ritual-ritualnya. Ritual yang paling terkenal adalah ritual bertapa di dalam sungai, oleh karena itu beliau dijuluki Sunan Kalijaga, dari bahasa Jawa yaitu "Kali" yang artinya Sungai dan "Jaga" yang artinya menjaga.

Untuk petilasannya, Sunan Kalijaga sendiri ada di daerah Dusun Kasihan kelurahan Taman Tirto Kecamatan Kasihan di daerah Yogyakarta Propinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi, anda harus menempuh jarak 1,5 km dari pabrik gula Madukismo. Jalan di sana sudah dibenahi oleh pemerintah Yogyakarta sehingga sangat nyaman untuk anda yang suka menggunakan mobil pribadi maupun secara robongan menggunakan bis Pariwisata. arahkan kendaraan anda dari perempatan Kasihan (ring road selatan) lurus ke selatan kurang lebih 1 kilometeran.

Konon, sendang Kasihan ini memiliki keistimewaan karena airnya tidak pernah kering dengan mata air yang begitu bening. Anda bisa mencoba mengamati sendang ini dari timur maka akan tampak gambaran keseluruhan seperti pohon beringin. Akan tetapi jika anda mencoba mengamati dari arah barat maka akan tampak gambaran seperti candi berbentuk kendi. Ada sebuah kisah munculnya mata air ini karena tuah tongkat milik Sunan Kalijaga saat ia dalam pengembaraan tiba di daerah Kasihan.

Saat itu, Sunan Kalijaga membutuhkan air yang bersih, ia pun menancapkan tongkatnya ke atas tanah. Ternyata setelah tongkat itu dicabut, keluarlah sumber mata air yang jernih di dalam sebuah tempat yang agak cekung dan kemudian terkenal denfan nama Sendang Kasihan.

Menurut masyarakat setempat, Sendang Kasihan ini ada kaitan erat dengan cerita Roro Pembayun (putra Panembahan Senopati), sebelum masuk ke wilayah Mangir. Mereka bersama pengiringnya mandi dan mencuci muka di sendang itu. Ternyata konon setelah mabdi di sendang ini memberi dampak bagi kecantikan Roro Pambayun. Airnya membuat wajah dan tubuh tampak lebih muda, bersinar, dan menimbulkan daya pikat yang luar biasa. Maka masyarakat sekitar sering menyebut Sendang Kasihan ini dengan nama sebutan lain Sendang Pengasihan.

Agar air Sendang Kasihan ini lebih berkasiat, anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

1) Anda bisa membasuh muka dan rasakan hawa gaib di sekitarnya.
2) Saat bermeditasi Pusatkan diri anda pada sang pencipta
3) Cobalah berkomunikasi dengan alam bahwa getaran supranatural ini adalah sebagian kecil dari ciptaan Allah.

Nah, demikian ulasan mengenai petilasan Sendang Kasihan. Bagaimana, anda ingin mencoba mengunjungi petilasan tersebut ? 

Kalau anda ingin mengunjungi petilasan Sendang Kasihan sebaiknya persiapkan mental dan fisik anda. Karena di sana tidak memiliki juru kunci seperti tempat petilasan lainnya. Jadi semuanya anda harus sendiri. Tidak ada yang akan menuntun anda untuk melakukan ritual di Sendang Kasihan.

SYARAT LOKASI MEMBUAT KOLAM IKAN PATIN

Dalam usaha budidaya patin persyaratan lokasi yang harus dipenuhi untuk mencapai produksi yang menguntungkan meliputi sumber air, kualitas air dan tanah serta kuantitas air.

Sumber air :
Sumber air dapat berasal dari saluran irigasi tekhnis, sungai atau air tanah yang berasal dari sumur biasa atau pompa. Pembesaran ikan patin tidak memerlukan sumber air yang senantiasa mengalir sepanjang waktu, namun untuk pembenihan kondisi airnya harus bersih.

Kuantitas air :

Kuantitas air yang kurang baik dapat menyebabkan ikan mudah terserang penyakit. Kualitas air meliputi sifat kimia air dan sifat fisika air. Sifat kimia air adalah kandungan oksigen (O2), karbondioksida (CO2), PH, zat-zat beracun dan kekurangan air. Sedangkan sifat fisika air adalah suhu, kekeruhan dan warna. Ikan patin termasuk salah satu jenis ikan yang tahan terhadap kekurangan oksigen ikan patin dapat mengambil oksigen dari udara. Pada usaha budidaya intensif kandungan oksigen yang perlukan adalah minimal 4 mg/liter air, sedangkan kandungan karbondioksida kurang dari 5 mg/liter air. Alat yang digunakan untuk mengukur kandungan oksigen dan karbondioksida adalah water quality test kit atau alat pengukur kualitas air. Nilai pH (puisanche of the H) yang normal bagi kehidupan ikan patin adalah 7 (skala pH 1-14), namun karena pH air meningkat pada siang hari dan menurun pada malam hari akibat berlangsungnya fotosintesa maka derajat keasaman yang baik untuk ikan patin adalah antara 5-9.

Alat yang digunakan untuk mengukur keasaman air adalah kertas lakmus. Zat beracun yang berbahaya bagi kehidupan ikan patin adalah amoniak, yaitu amoniak bukan ion (NH3) dan amonium (NH4) yang biasanya muncul apabila fitoplankton banyak yang mati yang diikuti dengan penurunan pH karena kandungan karbondioksida meningkat. Batas konsentrasi kandungan amoniak yang dapat mematikan kehidupan ikan patin adalah antara 0,1 - 0,3 mg/liter air. Kekeruhan dapat mempengaruhi cahaya matahari yang masuk ke dalam air. Kekeruhan disebabkan karena berbagai partikel seperti lumpur, bahan organik, sampah atau plankton. Kekeruhan yang baik adalah disebabkan oleh plankton. Alat yang digunakan untuk mengukur kekeruhan air adalah sechi disk. Kategori kekeruhan air adalah sebagai berikut :
Kedalaman air (cm) kesimpulan
1. 1 - 25 air keruh dapat disebabkan oleh plankton dan partikel tanah.
2. 25 - 50 optimal (plankton cukup)
3. 50 jernih (plankton sedikit)

Kualitas air :
Debit air yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ikan patin berbeda-beda untuk budidaya pembenihan, pendederan dan pembesaran. Pengetahuan tentang debit air akan memberikan keuntungan karena dapat mengoptimalkan penggunaan air. Ada 2 cara pengukuran debit air, yaitu secara langsung dengan meletakkan ember di pintu air yang masuk dan secara tidak langsung pada saluran air yang masuk ke kompleks perkolaman. Rumus pengukuran debit air secara langsung adalah volume air dibagi waktu (menit/detik), sedangkan secara tidak langsung adalah (lebar saluran x kedalaman air x panjang saluran) dibagi waktu.

Tanah :
Tanah yang cocok untuk budidaya ikan patin adalah tanah liat atau lempung berpasir dan tidak poreus. Jenis tanah ini dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat dinding kolam atau pematang.

Tanah liat atau lempung

Jenis tanah lain yang juga cocok untuk pemeliharaan ikan patin adalah tanah terapan, tanah berfraksi kasar dan tanah berpasir.

Oleh karena itu, apabila anda memilih salah satu system antara karamba atau fence maka karamba dan fence tersebut juga harus memenuhi prasyarat lokasi tersebut sebagai berikut :

Budidaya ikan patin sistem karamba dapat dilakukakan di danau, situ, atau sungai dengan mempertimbangkan faktor tekhnis dan sosial ekonomi. Penempatan karamba di perairan umum dianjurkan di jalur arus horisontal, di daerah muara, karena pasokan air cukup dan kandungan oksigen terlarut juga tinggi. Selain itu pergerakan air dapat membantu menghanyutkan sisa-sisa kotoran dan bahan organik. Penempatan fence sebaiknya di rawa-rawa atau pinggir sungai. Penempatan karamba dan fence di perairan luas dan terbuka sebaiknya dihindari, karena pengaruh gelombang dan tiupan angin kencang dapat mengancam kemanannya. Kedalaman karamba atau fence pada air yang mengalir minimal 3 meter dan pada air yang tidak mengalir minimal 5 meter. Kriteria kualitas air budidaya ikan patin di jaring apung adalah sebagai berikut :

Kriteria kualitas air

Tuesday, May 1, 2018

MAKANAN IKAN GURAME

Pakan Ikan Gurami

Memelihara ikan gurami gampang gampang susah. gampangnya adalah makanan yang kita berikan mudah kita dapatkan. Sedangkan susahnya adalah dari segi perawatan. Kita harus mempunyai kemauan yang keras dan telaten dan satu lagi kita harus cukup mempunyai pengetahuan tentang Ikan Gurami khususnya dalam pemberian makanan. kalian tidak perlu khawatir karena di sini kalian bisa mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa kita berikan sehingga ikan gurami akan sehat atau tidak sakit sakitan.

Gurami adalah makhluk vegetarian yang hanya mau menyantap makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai herbivora. Mungkin dari kebiasaan makannya yang hanya berasal dari bahan-bahan nabati inilahpertumbuhan badan gurami berjalan lambat. Seperti yang kita tahu kandungan gizi (protein dan sebagainya) dalam makanan initidak begitu banyak dibandingkan bahan pangan hewani misalnya. Namun bisa juga pertumbuhan gurami lambat karena memang sitem metabolisme di dalam tubuhnya berjalan lambat.

Makanan yang sering disikat oleh gurami remaja dan induk adalah
1. Daun Keladi
2. Ketela Pohon
3. Pepaya
4. Ketimun
5. Genjer
6. Kimpul
7. Kangkung
8. Ubi Jalar
9. labu

Meskipun berbagai daun-daunan ini bisa diberikan kepada remaja dan induk gurami, namun ada beberapa di antaranya yang perlu mendapat perhatian. Daun pepaya, konon menurut petani gurami tidak baik bagi induk karena bisa merusak kantung telur sehingga sering manggagalkan pemijahan ikan gepeng ini. Berbeda dengan daun ubi jalar yang juga kurang bagus bagi induk karena kandungan proteinnya yang rendah, sehingga induk-induk yang banyak diberi daun ini menjadi kurang produktif.

Konon yang paling bagus untuk makanan induk dan Remaja adalah daun keladi. Namun daun ini tidak boleh langsung diberikan kepada ikan. harus dikeringkan (dilayukan) dahulu agar getahnya yang sering menyebabkan kawanan gurami terserang penyakit cacar, kering, Pengalaman di lapangan menunjukkan berapa banyak pun daun keladi ini diumpankan ke kolam gurami, maka dalam waktu singkat akan disantapnya hingga tinbggal tulang-tulang (daunnya) saja.

Mjungkin yimbul pertanyaan kemudian, apakah benih-benih gurami yang masih kecil dan roingkih itu juga menyantap dedadunan? Akan halnya benih-benih gurami, menurut para ahli ikan Gurami pada awalnya larva Gurami (yang telah habis kuning telurnya) akan memakan Infusoria dan Rotifera, yaitu jasad renik yang bisa diperoleh di perairan umum atau mengkulturnya di kolam. Setelah berumur beberapa hari, benih akan mengincar larva insekta telur semut, rayap, crustacea. Sejalan dengan pertumbuhan badannya, mereka mulai tertarik pada tumbuhan pada tumbuhan air yang lunak. Baru setelah itu mulailah fase hidupnya sebagai vegetarian.

Tetapi bila kita menganggap gurami sebagai vegetarian sejati mungkin kurang tepat, sebab bila ke dalam kolam dimasukkan rayap dan telur semut mereka akan segera berebut, dan mereka pun mau menyantap makanan tambahan seperti dedak, ampas tahu dan berbagai bungkil.

PETILASAN SUNAN BONANG


Pasujudan Sunan Bonang

Supranatural adalah kondisi di mana anda mengalami hal yang luar biasa. Semua yang anda jumpai menjadi perhatian khusus bagi mata batin anda. Baik tempat, energi, kewingitan dalam suatu wilayah.

Jika batin anda haus akan suasana kesakralan dan berbau mistis, maka sudah tepat kalau anda menuju desa bonang Kecamatan Lasem kurang lebih 16 KM Rembang. Di sana pemandangan indah dengan angin laut yang semilir akan menyapa anda.

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Bonang adalah aeorang putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila seorang putri Arya Teja, salah seorang tumenggung  Majapahit yang berhasil berkuasa di Tuban dan sekitarnya.

Sebagai halnya sang ayah Sunan Ampel, Sunan Bonang juga mendirikan Pondok pesantren di daerah Tuban dan mendidik murid-muridnya yang kelak juga ikut menyebarkan agama islam ke pelosok pulau Jawa. Beliau yang menciptakan gending Dharma serta berusaha mengganti nama-nama nahas/sial, nama dewa-dewa menurut kepercayaan hindu menjadi nama-nama malaikat serta nabi-nabi. Cara ini sebagai sarana Sunan Bonang untuk lebih mendekatkan rakyat jawa waktu itu agar mengenal lebih dekat ajaran baru agama islam.

Semasa hidupnya, Sunan Bonang pernah belajar ke Pasai. Sekembalinya dari Pasai, Sunan Bonang memasukkan pengaruh islam kepada bangsawan dari keraton Majapahit dan mempergunakan Demak sebagai tempat berkumpul murid-muridnya. Salah satunya mendidik Raden Patah Putra Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit serta mendirikan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa dengan Demak sebagai pusat pemerintah islam. Kalau melihat obyek wisata ini secara budaya tradisional dan aspek historinya menyangkut nama besar Sunan Bonang sebagai salah seorang daru Sembilan Wali, maka tidaklah mengherankan apabila banyak wisatawan yang berkunjung di sana dan berziarah.

Anda bisa melihat peninggalan bersejarah seperti sebuah bangunan mushola yang di dalamnya terdapat sebuah kamar berisi 4 buah batu yang berfungsi sebagai tempat sujud Sunan Bonang dan lebih dikenal sebagai "pasujudan".

Pada batu tersebut terdapat beberapa lubang bekas anggota badan Sunan Bonang, ketika sujud kepada Allah SWT. Dan juga terdapat masjid Tiban yakni masjid yang tanpa proses pendirian bangunan secara alami.

Konon, ada seorang utusan dari kerajaan Majapahit yang bernama Becak untuk menyampaikan berita kepada sunan. Bersamaan dengan itu, sunan sedang menjalankan sholat dan berzikir. Karena sunan belum bisa ditemui, becak menunggu di depan puntu sambil bernyanyi-nyanyi kecil dan ternyata nyanyian becak terdengar murid sunan. Kemudian murid sunan bertanya kepada sunan, mungkin sunan Bonang tidak berkenan dengan suara itu maka beliau menjawab sekenanya. "suara itu suara bende", sambil terus berzikir sunan menjawab pertanyaan muridnya.

Ternyata terjadi keajaiban, karena karomah yang dimiliki sunan Bonang seketika becak berubah menjadi bende. Oleh sunan Bonang bende yang diberi nama Bende Becak (alat musik tradisional) dipergunakan sunan untuk mengumpulkan murid-muridnya.

Sekarang Bende Becak dirawat dan disimpan oleh juru kunci petilasan Sunan Bonang yang berada di objek wisata petilasan  Sunan Bonang.

Dan setiap tanggal 10 Dzulhijah pada hari raya Idul Adha setiap tahun, Bende Becak dijamas atau disucikan dengan upacara ritual.