Tuesday, May 1, 2018

PETILASAN SUNAN BONANG


Pasujudan Sunan Bonang

Supranatural adalah kondisi di mana anda mengalami hal yang luar biasa. Semua yang anda jumpai menjadi perhatian khusus bagi mata batin anda. Baik tempat, energi, kewingitan dalam suatu wilayah.

Jika batin anda haus akan suasana kesakralan dan berbau mistis, maka sudah tepat kalau anda menuju desa bonang Kecamatan Lasem kurang lebih 16 KM Rembang. Di sana pemandangan indah dengan angin laut yang semilir akan menyapa anda.

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Bonang adalah aeorang putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila seorang putri Arya Teja, salah seorang tumenggung  Majapahit yang berhasil berkuasa di Tuban dan sekitarnya.

Sebagai halnya sang ayah Sunan Ampel, Sunan Bonang juga mendirikan Pondok pesantren di daerah Tuban dan mendidik murid-muridnya yang kelak juga ikut menyebarkan agama islam ke pelosok pulau Jawa. Beliau yang menciptakan gending Dharma serta berusaha mengganti nama-nama nahas/sial, nama dewa-dewa menurut kepercayaan hindu menjadi nama-nama malaikat serta nabi-nabi. Cara ini sebagai sarana Sunan Bonang untuk lebih mendekatkan rakyat jawa waktu itu agar mengenal lebih dekat ajaran baru agama islam.

Semasa hidupnya, Sunan Bonang pernah belajar ke Pasai. Sekembalinya dari Pasai, Sunan Bonang memasukkan pengaruh islam kepada bangsawan dari keraton Majapahit dan mempergunakan Demak sebagai tempat berkumpul murid-muridnya. Salah satunya mendidik Raden Patah Putra Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit serta mendirikan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa dengan Demak sebagai pusat pemerintah islam. Kalau melihat obyek wisata ini secara budaya tradisional dan aspek historinya menyangkut nama besar Sunan Bonang sebagai salah seorang daru Sembilan Wali, maka tidaklah mengherankan apabila banyak wisatawan yang berkunjung di sana dan berziarah.

Anda bisa melihat peninggalan bersejarah seperti sebuah bangunan mushola yang di dalamnya terdapat sebuah kamar berisi 4 buah batu yang berfungsi sebagai tempat sujud Sunan Bonang dan lebih dikenal sebagai "pasujudan".

Pada batu tersebut terdapat beberapa lubang bekas anggota badan Sunan Bonang, ketika sujud kepada Allah SWT. Dan juga terdapat masjid Tiban yakni masjid yang tanpa proses pendirian bangunan secara alami.

Konon, ada seorang utusan dari kerajaan Majapahit yang bernama Becak untuk menyampaikan berita kepada sunan. Bersamaan dengan itu, sunan sedang menjalankan sholat dan berzikir. Karena sunan belum bisa ditemui, becak menunggu di depan puntu sambil bernyanyi-nyanyi kecil dan ternyata nyanyian becak terdengar murid sunan. Kemudian murid sunan bertanya kepada sunan, mungkin sunan Bonang tidak berkenan dengan suara itu maka beliau menjawab sekenanya. "suara itu suara bende", sambil terus berzikir sunan menjawab pertanyaan muridnya.

Ternyata terjadi keajaiban, karena karomah yang dimiliki sunan Bonang seketika becak berubah menjadi bende. Oleh sunan Bonang bende yang diberi nama Bende Becak (alat musik tradisional) dipergunakan sunan untuk mengumpulkan murid-muridnya.

Sekarang Bende Becak dirawat dan disimpan oleh juru kunci petilasan Sunan Bonang yang berada di objek wisata petilasan  Sunan Bonang.

Dan setiap tanggal 10 Dzulhijah pada hari raya Idul Adha setiap tahun, Bende Becak dijamas atau disucikan dengan upacara ritual.

Monday, April 30, 2018

CARA MENEMUKAN KECERDASAN ANAK

CARA MENEMUKAN KECERDASAN ANAK

Kadang kita mendengar seseorang berkata, "Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak malas." Menurut saya, kalimat itu ada benarnya. Satu contoh dari sekian banyak orang berakhir sukses dalam kehidupannya adalah Basrizal Koto seperti dikisahkan dalam buku Hidup Sukses Cara Sains. Semasa kecil, dia mengalami kemiskinan dan tidak berhasil menamatkan pendidikan dasarnya, yang kemudian menemukan kondisi akhir terbaiknya sebagai pengusaha. Koto, tidak menamatkan sekolah tentu bukan karena ia bodoh, melainkan karena tak punya biaya, yang mirip dengan cerita Lintang dalam Laskar Pelangi. Sesungghnya, Koto memiliki potensi kecerdasan yang besar.

Saya tak bermaksud meniadakan fungsi sekolah bahwa koto tidak perlu sekolah untuk menjadi seorang pengusaha seperti sekarang karena aekolah mampu mempercepat penemuan kondisi akhir terbaik. Sekolah atau secara umum, pendidikan bagi para filusuf, lebih dari sekedar bisa apa. Sejatnoinya, fungsi pendidikan seperti piramida terbalik, yakni ujung lancip piramida merupakan wilayah kognitif dan wilayah paling luas dan teratas adalah akhlak (afektif). Saya telah mengembangkan skema ini dalam mengembangkan model sekolah multiple intellgence, sekolah yang memegang teguh prinsip Howard Gardner.

Sekolah multiple Intellgences lebih menekankan pada proses pengajaran berkualitas daripada penerimaan murid baru yang memenuhi kuota saat seleksi dan kelulusan murid yang "tidak adil". Proses pengajaran berkualitas akan berorientasi pada "bukan sebesar apa kecerdasan anda, melainkan bagaimana anda menjadi cerdas". Sering kali, saat wawancara dengan orang tua calon murid, saya menegaskan, jika para orang tua ingin anaknya menjadi juara dengan peringkat dan nilai sempurna, maka sekolah bukan tempatnya. Kemudian, saya akan mempersilahkan para orang tua tersebut untuk mencari sekolah lain, terkadang langsung saya sebutkan nama lain sekolah tersebut. Selanjutnya, saya mrmberikan penjelasan bahwa seandainya para orang tua mencari proses pembelajaran terbaik dengan prinsip Sekolah Anak-anak juara atau sekolahnya Manusia yang mengacu pada piramida terbalik, sekolah kamilah tempatnya. Banyak orang tua calon murid akhirnya setuju dengan pilihan ke dua, tetapi tidak sedikit juga yang memilih sekolah dengan seleksi masuk ketat dan berstandar psikotes.


Semua manusia yang terlahir, dan sepanjang masih punya otak, tentunya memiliki jenis kecerdasan tertentu, apakah dia termasuk berkebutuhan khusus atau bukan. Sekolah yang nekat meneguhkan dirinya aebagai Sekolah anak-anak juara, menerima banyak kondisi keanekaragaman kecerdasan siswa. Hampir dalam setiap kelas terdapat dua anak berkebutuhan khusus dan murid dengan bermacam hambatan belajar atau slow learner, beberapa murid Dengan multi kecerdasan, serta tidak sedikit muris dengan kategori fast learner atau pembelajar cepat. Perlu anda ketahui, tidak ada murid bodoh di sekolah tersebut sehingga sekolah itu punya label tersendiri, yaitu sekolah para juara.

Jika pada dasarnya semua murid punya potensi kecerdasan yang sangat beragam, sekolah juga punya peranan utama dalam mengembangkan proses pembelajaran yang kreatif dalam mamantik minat belajar dan berpikir murid. Kika diasumsikan banyak murid yang belum mampu mengeluarkan gagasan dan idenya dengan baik, penyebabnya bisa jadi karena proses keterampilan dan idenya dengan baik, penyebabnya bisa jadi karena proses ketrampilan berpikir yang belum dimaksimalkan dalam proses belajar-mengajar.

Ketrampilan berpikir dan kesuksesan seseorang di masa depan banyak dipengaruhi oleh masa pendidikan yang dijalaninya. Prinsip guru mengajar dan murid belajar memengaruhi mandulnya ketrampilan berpikir siswa. Edward de Bono, seorang profesor fisika menyebutkan dalam bukunya, Revolusi Berpikir, bahwa sekolah punya tradisi sempit dalam mengajarkan keterampilan berpikit. Sementara itu, guru di banyak sekolah pun lebih mudah meletakkan lembar kerja murid, buku, teks, dan soal-soal di papan tulis kepada murid-murid, kemudian meminta mereka memberikan reaksi terhadap apa yang ada di hadapan mereka itu.

Keterampilam berpikir yang diungkapkan de Bono ini cinderung reaktif dan tidak masuk pada ranah berpikir operasional, sedangkan metodologi pengajaran modern lebih menekankan untuk melibatkan murid dalam berpikir oprrasional. Prinsip inilah yang disebut Elaine Johnson sebagai "contextual teaching learning" atau CTL.

ANAK ANDA PUN BISA BERMEDITASI LAYAKNYA ORANG DEWASA

ANAK ANDA PUN BISA BERMEDITASI LAYAKNYA ORANG DEWASA Meditasi adalah kegiatan yang seringkali salah dimengerti. Kebanyakan orang menganggapnya sebagai bagian dari ritual agama tertentu. Akibatnya, banyak penganut agama lain merasa "risih" untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, meditasi kadangkala disamakan begitu saja denfan kontemplasi atau konsentrasi. Bahkan sering kali digambarkan sebagai upaya untuk mencari kesaktian, mistik, klenik, atau kegiatan para penganut setan.

Banyak orang tidak menyadari bahwa asal kata kegiatan itu adalah "meditation" yang diserap begitu saja ke dalam bahasa Indonesia menjadi meditasi. Bahasa latinnya adalah "meditatio" atau "meditacioun"  dalam bahasa Prancis kuno, yang berarti a thinking over, mempertimbangkan atau memikirkan kembali. Jadi, tampak bahwa tidak asal usul yang menunjukkan meditasi sebagai ritual agama tertentu.

Di Amerika Serikat, meditasi dikenal luas di berbagai Universitas sebagai sebuah pelatihan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan modern. Meditasi menjadi jalan keluar bagi banyak warga dunia untuk mendapatkan keseimbangan dan bahkan kesempurnaan hidup. Sebaliknya, karena anggapan dan presepsi yang salah, di indonesia meditasi hanya dilakukan secara benar oleh segelintir orang.

Apakah anak-anak memerlukan meditasi ? Sangat perlu ! Meditasi adalah suatu cara untuk mengenal diri secara utuh, baik secara jasmani maupun rohani, serta mengenal pikiran dan emosi secara lengkap. Untuk anak-anak dikenal metode Medicihild. Metode meditasi ini cukup sederhana dan mudah serta dapat dirasakan manfaatnya secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat metode ini :


  • Meningkatnya daya konsentrasi seorang anak dalam belajar.
  • Memudahkan seorang anak memahami hal-hal imajinatif yang diperlukan dalam berbagai pelajaran, seperti matematika.
  • Membantu seorang anak belajar memahami emosinya sehingga mampu mengendalikannya.
  • Menungkatnya pemahaman spiritual seorang anak karena latihan ini langsung berkaitan dengan God Spot, organ metaforis yang berada di dalam jaringan saraf otak dan berfungsi menghubungkan manusia dengan Tuhannya.


Bagaimana kita memulai latihan ini ? Sediakan waktu tertentu untuk latihan di mana anak-anak bisa duduk dengan rileks tanpa gangguan. Mintalah mereka untuk memejamkan mata dengan lembut. Usahakan punggung dan leher lurus dalam satu garis. Setelah itu, bimbing mereka dengan suara yang lembut bahwa meteka tidak perlu berkonsentrasi pada apa pun. Mintalah mereka untuk membiarkan pikiran yang berseliweran dan berganti-ganti sepanjang waktu. Biarkan semua pikiran mendapatkan pembagian perhatian yang sama ringan.

Berikut ini adalah urutan latihan MeditasiChild :


Meditasi dengan posisi sempurna


  • Duduk di mana saja, namun terasa nyaman dan sejuk.
  • Sebaiknya memakai alas bila berada di lantai yang dingin.
  • Bila latihan diadakan malam hari, buatlah pencahayaan ruangan menjadi temaram, ini akan memudahkan untuk rileks.
  • Minta anak-anak duduk dan meluruskan tulang punggung serta leher, tidak membungkuk atau melengkung, apalagi menjatuhkan leher ke satu sisi.
  • Tutup mata dan berikan bimbingan dengan suara perlahan untuk rileks serta tidak berkonsentrasi pada satu pikiran secara khusus.
  • Tidak ada doa ataupun sengaja merenungkan suatu peristiwa.
  • Bila ada pikiran yang lewat, biarkan saja secara wajar dan tidak perlu diperhatikan secara khusus.
  • Biarkan pikiran-pikiran berseliweran, tidak perlu dipedulikan atau diperhatikan secara khusus.
  • Secara umum, santai saja dan nyamankan diri sepenuhnya.
  • Perhatikan bahwa napas harus nyaman dan semakin perlahan, semakin lembut.
  • Setelah beberapa saat, berilah instruksi kepada mereka untuk membagi sebagian perhatian pada titik imajinatif di antara lubang anus dan alat kelamin, anggaplah bahwa di situ ada suatu tanda bulatan berwarna merah.
  • Berilah instruksi kepada mereka untuk bernapas dengan pikiran pada titik atau bulatan merah tersebut.
  • Kemudian mintalah mereka untuk mencoba berada di dalam tanda tersebut dan bernapas dalam satu ronde penuh, tarik dan hembus, lalu keluarkan perhatian dari lokasi itu.
  • Lalu pindahkan perhatian pada titik lain, tepat di atas pangkal alat kelamin.
  • Bayangkan gambaran titik bulatan di bagian tersebut berwarna orange.
  • Sekarang instruksikan agar anak-anak kembali bernapas satu tarik dan hembus dengan pikiran berada di dalam titik tersebut.
  • Pindahkan perhatian ke titik yang berada 3 cm di bawah pusar, gambarkan bulatan itu berwarna kuning.
  • Lalu, kembalilah melakukan satu tarik dan hembus napas wajar dengan pikiran berada dalam titik tersebut.
  • Kembali perintahkan mereka untuk memindahkan perhatian ke titik di tengah dada, tepat di antara ke dua puting payudara.
  • Gambarkan titik berwarna hijau sejuk dan instruksikan untuk bernapas satu tarik dan hembus dengan pikiran berada di dalam bulatan hijau tersebut.
  • Berikutnya pindahkan perhatian ke bagian di tengah-tengah leher bagian bawah di mana tulang berbentuk segitiga dan pindahkan perhatian ke titik itu serta gambarkan berwarna biru, lalu kembali bernapas di posisi tersebut satu tarik dan hembus. 
  • Perhatian dipindahkan lagi ke posisi di belakang kepala, tepat di tengah-tengah belakang kepala dan gambarkan titik berwarna biru keunguan, lalu bernapaslah pada posisi tersebut satu tarik dan hembus.
  • Pindahkan lagi perhatian ke posisi tepat di tengah-tengah atas kepala atau ubun-ubun dan gambarkan lokasi tersebut berwarna ungu cerah dan terang bersinar ke atas seolah-olah kepala kita terbuka, lalu bernapaslah satu tarik dan hembus napas.
  • Terakhir, kita kembali ke titik awal yang berada di antara anus dan alat kelamin di dasar tulang ekor, gambarkan lokasi itu berwarna merah terang dan lakukan satu kali tarik dan hembus napas. Selesai.

Dalam latihan di atas, mungkin saja timbul reaksi-reaksi sebagai berikut :


  • Keringat bercucuran meskipun hawa di ruangan cukup sejuk.
  • Anak-anak merasa pusing setelah latihan.
  • Rasa kesemutan di seluruh tubuh.
  • Seperti orang kedinginan, seluruh tubuh atau bagian-bagian terasa kaku.
  • Rasa panas di bagian tubuh tertentu dan rasa "mengalir" di bagian lainnya.

Reaksi di atas tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan reaksi yang umum terjadi. Mungkin ada reaksi yang bersifat personal dan tidak termasuk dalam daftar di atas, namun sepanjang tidak membahayakan secara langsung, latihan tetap bisa dilanjutkan dengan normal. Bila ada reaksi yang tidak normal seperti kejang-kejang atau bahkan pingsan, anda bisa menghubungi penulis dan mendapatkan pembimbingan pelatihan ini untuk mendapatkan petunjuk penanganannya.

Right Brain Education Training
Telp (021) 4718741 Hp 0811-965609
e-mail : rightbrn@dnet.net.id

CARA MERELAKSASI ANAK DENGAN BENAR DAN EFEKTIF

CARA MERELAKSASI ANAK DENGAN BENAR DAN EFEKTIF
Relaksasi di air

Relaksasi adalah sesuati uang biasanya tidak pernah kita pikirkan dalam kaitannya dengan masalah kesehatan, apalagi pendidikan. Kita selalu menghubungkan kata "rileks" dengan hiburan. Kita beranggapan bahwa relaksasi adalah monopoli orang dewasa. Selain itu, relaksasi juga kita persiapankan sebagai suatu kegiatan hura-hura, bebas, senang-senang. Berlibur, dan terlepas dari kegiatan rutin sehari-sehari, terutama pekerjaan.

Relaksasi sebenarnya tidaklah demikian. Relaksasi adalah pekerjaan serius. Kehidupan anak anda dan kita semua sangat tergantung pada ketrampilan kita menguasai kegiatan ini. Relaksasi berhubungan erat dengan seluruh, kelenjar-kelenjar, enzim di dalam tubuh, peredaran darah, metabolisme, sistem kekebalan tubuh dan daya intrinsik. Kegiatan ini juga berpengeruh untuk memperpanjang ataupun memeperpendek umur kita, serta pada kualitas kehidupan, karir,perkawinan, dan sebagainya.

Mengajar anak anda untuk melalukan relaksasi selama 10-15 menit setiap hari, akan membawa perubahan dahsyat pada kesehatan ataupun kualitas semudah mengucapkannya. Anda membutuhkan kesadaran dan pemahaman yang lebih terhadap berbagai aspek, kehidupan, misalnya, anda harus memahami cara kerja darah mengalir kr seluruh tubuh, apakah dari bawah ke atas atau sebaliknya atau ada pola lain. Anda harus juga meneliti, menyelidiki sendiri, bagaimana proses bernapas berlangsung. Hanya membaca buku dan menirukan seratus persen apa yang ada di dalamnya adalah pekerjaan sia-sia. Cara itu tidak akan menghasilkan apa pun.

Anda bisa melakukan proses ini dengan cukup mudah. Cukup sediakan ruang tenang yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau ber-AC. Cari waktu terbaik sehingga tidak terganggu oleh dering telepone atau acara televisi. Aplikasi diperlukan, sediakan juga musik instrumentalia yang tenang dan mengalun. Anda bisa mencari kasetnya dengan mudah di toko dan tidak harus musik berat. Mungkin anda tertarik dengan musik kecapi suling, dengung atau gamelan jawa. Yang penting, musik itu bisa membuat anda merasa nyaman dan rileks. Jangan terpengaruh oleh iklan yang mengatakan bahwa hanya musik beethoven atau musik baroq yang mampu mencerdaskan bayi. Sangat banyak musik lokal yang bisa membawa anda masuk ke dalam situasi tertentu yang menjadi tujuan relaksasi. Intinya, musik yang dipakai bisa menuntun irama di dalam otak kita menuju suatu tingkat yang dinamakan Alpha Level, Theta Level, atau Delta Level. Ini adalah gelombang otak yang rendah dan tenang sehingga menidurkan kesadaran rasional kita, sementara kesedaran emosional dan bahkan kesadaran supra kita akan menggantikan perannya untuk berjaga.

Pertama-tama, jelaskan relaksasi ini kepada putra-putri anda. Bila mereka masih kecil, ceritakan penjelasan ini dengan bumbu yang menarik. Anda mungkin bisa menceritakan dengan perumpamaan bahwa tubuh kita ini ibarat sebuah kapal atau perahu yang sedang berlayar di lautan bernama lautan kehidupan. Seperti halnya lautan, "lautan kehidupan" ini juga serba tidak terduga. Tidak perlu cemas dan jangan senantiasa membayangkan apa yang akan ditemui di depan. Uang terpenting, kita harus memperhatikan setiap jengkal perjalanan pelayaran kita di "lautan" ini secara seksama.

Seperti ketika menyetir mobil, kalau kita terlalu jauh memandang ke depan dan tidak memperhatikan jarak yang sewajarnya di samping dan di belakang kita, bisa terjadi musibah. Begitu pula kita harus selalu menjaga agar kapal atau perahu kita dalam keadaan sempurna secara fisik. Tidak boleh bocor agar tidak miring dan terhindar dari kemungkinan tenggelam. Karena itu, dalam perjalanan, kita perlu berlabuh dan berhenti sejenak untuk melakukan pemeriksaan berkala secara seksama. Saat berhenti sejenak itulah, kita dapat menambal kebocoran dan memperbaiki layar yang mungkin sudah kaku dan sobek diterpa badai.

Keheningan saat bergenti sejenak dari keramaian "lalu lintas" kehidupan itulah yang dinamakan relaksasi. Memastikan mesin dan kita membiarkan perahu kita diam di tempat, ditahan oleh jangkar serta mengayun tenang oleh ombak-ombak kecil. Pada tahap ini, tidak ada satu pun yang ditahan, dipusatkan, atau dikonsentrasikan. Seluruhnya jeda, lepas, bebas, dan rileks.

Setelah menjelaskan semua itu, ajaklah mereka duduk di lantai uang beralas. Sebaiknya gunakan alas yang terbuat dari bahan serat alam dan bukan plastik. Gunakan karpet atau sajadah untuk menahan dingin dari lantai. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tidak mengganggu relaksasi bagian-bagian tubuh kita. Anda dan pasangan anda juga harus melakukannya bersama anak-anak anda. Jangan jadikan acara relaksasi ini seperti latihan militer atau memakai cara guru mengajar di depan kelas.

Hilangkan seluruh hambatan formal dan masuklah ke dalam situasi relaksasi dalam posisi sebagai sesama ciptaan Allah. Hilangkan kebiasaan mendoktrin dan kembangkan cara-cara yang mengutamakan kesadaran pribadi.
Relaksasi di dalam ruangan sejuk

Kuncinya adalah menjelaskan, memberi kebebasan, dan kemudian mengajak mereka larut bersama-sama.

Kata-kata di bawah ini bisa direkam dulu atau langsung dipakai sebagai tuntutan. Jangan dihafalkan, anda bisa memakai kata-kata sendiri yang artinya sama. Yang penting, vibrasi, intonasi, kata-kata dan kalimat yang keluar seluruhnya harus bersifat menenangkan. Musik diperdengarkan terlebih dahulu. Lampu dipadamkan dan cukup nyalakan lampu kecil dengan cahaya remang-remang (5 watt).

"Kita akan melakukan relaksasi, melakukan jeda dan istirahat untuk seluruh tubuh kita. Pejamkanlah mata dengan ringan dan perhatikan bahwa seluruh bagian tubuh dalam keadaan nyaman dan kendur. Bernapaslah dengan teratur dan tenang. Jangan tergesa-gesa menarik atau mengeluarkan napas. Tarik napas sampai ke perut. Setelah perut menggembung, keluarkan napas sampai perut kembali mengempis. Tarik napas..perut mengembang..keluarkan napas..perut mengempis kembali. Seluruh tubuh dalam keadaan rileks. Seluruh bagian badan kendur dan nyaman. Kaki... pergelangan....tumit...jari kaki...betis rileks...lemaskan seluruh bagian kaki....hilangkan ketegangan yang ada. Jangan pusatkan perhatian anda pada apapun. Pikirkan juga harus kendur dan rileks. Jangan tegang. Kendurkan juga bagian lutut dan paha....Bagian bawah tubuh dan perut. Lemaskan seluruh bagian tubuh. Bayangkan anda menyentuh bagian-bagian tubuh dengan ujung jari dan bagian yang disentuh itu kendur, santai. Hilangkan ketegangan yang ada di bagian pundak atau leher. Kendurkan bagian-bagian di wajah. Santai, bernapas dengan tenang dan perlahan, santai, rileks. Kendurkan seluruh tubuh....."

Ucapkan kata-kata tersebut dengan perlahan, sambil anda sendiri juga melakukan apa yang diucapkan. Pakailah istilah dan bahasa sehari-hari yang akrab dengan seluruh peserta. Jangan lakukan konsentrasi apa pun, jangan berdoa atau berkomat-kamit mrmbaca mantra apa pun. Itu semua tidak perlu. Mantra dan doa termujarab adalah bahasa tubuh anda sendiri. Dan relaksasi adalah cara yang bisa membuat tubuh anda mampu berbicara. Organ-organ tubuh mampu berkomunikasi satu sama lain. Dengarkan detak jantung dan hati anda berbicara. Dengarkanlah peredaran darah anda yang mengalir pelan seperti sungai yang tenang.

Bawalah putra-putri anda memasuki situasi tenang dan santai dalam relaksasi yang menyeluruh ini selama 10 - 15 menit atau lebih. Buatlah hal ini menjadi semacam rekreasi harian yang menyenangkan, suatu acara keluarga yang asyik dan ditunggu-tunggu. Jangan memulai acara dengan meneror atau menakut-nakuti dengan berbagai cerita yang tidak ada kaitannya. Juga jangan memlesetkan acara relaksasi ini menjadi ritual keagamaan atau seremonial suatu kepercayaan supaya menjadi lebih suci atau lebih sakti dengan menambahkan doa-doa di dalamnya.

Lakukan saja langkah-langkah di atas dan anda akan mendapatkan kenyataan bahwa setelah satu minggu menjalankan hal-hal sederhana itu, pengeluaran bulanan untuk biaya pengobatan rutin akan menurun drastis dan kesehatan keluarga akan membaik secara ajaib.

Memulai latihan keseimbangan berpikir pada anak-anak dengan metode relaksasi seperti di atas sangat sederhana dan mudah. Modalnya hanyalah kemauan untuk memulai sekarang dan kemudian melakukannya secara rutin sebagai menu harian yang menyenangkan. Begitulah anda bisa memulai langkah pertama membawa anak-anak ke dalam suatu cakrawala berpikir yang sama sekali baru tentang kehidupan.




CARA BERTERNAK IKAN PATIN

Cara Budidaya Ikan Patin

Kebutuhan masyarakat akan ikan semakin meningkat. Oleh karena itu, sangat wajar jika usaha perikanan air tawar harus dipacu untuk dikembangkan. Usaha budidaya dibidang perikanan air tawar memiliki prospek yang sangat baik karena sampai saat ini ikan konsumsi, baik berupa ikan segar maupun bentuk olahan, masih belum mencukupi kebutuhan konsumen sebagai contoh ikan patin. Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki peluang ekonomi untuk dibudidayakan. Budia daya ikan paton masih perlu diperluas lagi, karena pemenuhan atas permuntaan ikan patin masing-masing kurang.

Saai ini ikan patin menjadi salah satu komoditas unggulan di bidang perikanan. Ikan air tawar yang memiliki warna putih keabu-abuan ini, memiliki cita rasa yang khas dan mengandung protein cukup tinggi. Ikan patin disukai banyak orang karena dagingnya yang lembut dan rasanya yang khas digemari oleh masyarakat luas. Biasanya ikan patin untuk dikonsumsi segar maupun dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan pempem, nugget, dan produk olahan perikanan lainnya. Daging ikan patin memiliki kandungan kalori dan protein yang cukup tinggi, rasa dagingnya khas, enak, lezat, dan gurih. Ikan patin dinilain lebih aman untuk kesehatan larena kadar kolesterolnya rendah dibandingkan dengan daging ternak. Protein daging ikan patin cukup tinggi yaitu 17%. Daging ikan patin tebal dan tidak banyak duri, dan berat ikan rendemennya dapat mencapai sekitar 50-50%.

Ikan patin tidak memiliki sisi dan tergolong dalam kelompok catfish. Ada yang menyebut ikan patin denfan lele Bangkok. Di beberapa daerah ikan patin memiliki nama yang berbeda-beda diantara lain ikan Jambal, ikan Juara, Lancang dan Sodarin.

Tekhnik budidaya ikan patin sebenarnya relatif mudah, sehingga tidak perlu ragu jika berminat menekuni budidaya ikan patin. Pada awalnya pemenuhan kebutuhan ikan patin hanya mengandaljan penangkapan dari sungai, rawa atau danau sebagai habitat asli ikan patin. Seirinf dengan meningkatnya permintaan dan diminati masyarakat, ikan patin mulau dibudidayakan di kolam, keramba maupun bak dari semen. Permintaan ikan patin yang terua meningkat memberikan peluang usaha bagi setiap orang untuk menekuni usaha dibidang budidaya ikan patin ini. Dengan permintaan yang demikian meningkat jelas tidak mungkin mengandalkan tangkapan alam, tetapu perlu budidaya ikan patin secara lebih intensif.

Budidaya ikan patin banyak dipilih para pelaku bisnis, karena masa pemeliharaannya lebih cepat dibandingkan dengan budidaya lainnya. Sehingga biaya produksinya juga tidak terlalu tinggi.

Kebutuhan pakan yang dibutuhkan untuk budidaya patin juga terbilang cukup mudah. Untuk burayak patin bisa diberi pakan artemia, sedangkan untuk ikan yang lebih besar bisa diberi pakan cacing sutera.

Sementara untuk meningkatkan gizi indukan ikan patin, bisa ditambahkan pakan berupa daging keong yang dicampur dengan vitamin E dan minyak jagung. Keong juga sering digunakan sebagai pakan alternatif, terurama di bulan paceklik pakan. Namun disamping untuk mengurangi biaya produksi, campuran tersebut juga berfungsi merangsang induk untuk bertelur.

Perawatan budidaya ikan patin terbilang lebih mudah dibandingkan budidaya lele, bahkan pakan ikan patin dapat memanfaatkan limbah rumah tangga yang tidak mengandung minyak. Disamping itu kemampuan ikan patin untuk berproduksi juga cukup tinggi, seekor induk yang subur dapat bertelur 200.000 butir telur awtiap 6 bulan sekali.

Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan patin, yang sering menjadi kendala adalah munculnya jamur dan bakteri yang menyebabkan turunnya kualitas ikan. Biasanya untuk mencegahnya para petani patin menjaga sanitasi air, dan mengurangi pemberian pakan yang terlalu banyak.

Selain itu suhu yang terlalu dingin juga mempengaruhi buruk bagi perkembangan telur patin. Oleh karena itu para petani memasang heater atau penyimpanan aquarium inkubasi di dalan ruangan agar terhindar dari suhu ekatrim. Sedangkan bagi ikan patin yang sudah cukup besar, kendalanya adalah persediaan pakan cacing sutera yang masih kurang. Pasokan cacing sutera tidak rutin karena belum bisa dikembangbiakan, sehingga tergantung hasil penangkapan dari alam. Untuk mengatasinya, petani ikan patin mengganti pakan dengan limbah peternakan berupa usus ayam.

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan para pembudidaya ikan patin, yaitu dengan membedakan target pasar. Pemasaran ini dilakukan dengan menjual ikan patin berdasarkan umurnya. Misalnya untuk keperluan pemasok benih, ikan patin bisa dijual ketika berusia 20 hingga 50 hari. Untuk kebutuhan konsumsi, ikan patin dijual saat berusia 7 bulan. Sedangkan untuk permintaan indukan, ikan patin biasa dijual setelah berusia 2 tahun. Dengan membedakan target pasar masin-masing, menjadikan strategi pemasaran ini cukup efektif, karena dapat menjangkau tiga jenis konsumen sekaligus.

Promosi selanjutnya dapat dilakukakn dengan pemasaran melalui mulut ke mulut, demgan promosi tersebut informasi mengenai keberadaan usaha anda dapat tersebar luas. Menjalin kerjasama dengan pedagang ikan segar di pasar, serta pelaku bisnis makanan seafood juga bisa dilakukan untuk membantu pemasaran ilan patin usia konsumsi.

DUNIA GAIB ORANG BALI : PATUNG TOGOG YANG BERPINDAH-PINDAH


Togog (bali : patung) 
Di setiap banjar adat di Bali selalu dicirikan oleh adadanya Khayangan Tiga. Tiga yang dimaksud ialah tiga buah pura atau tempat pemujaan yang terdiri dari Pura Puseh,  Pura Baleagung,  dan Pura Dalem Setra. Kalau membicarakan pura-pura di Bali tidak bisa lepas dari unsur kekuatan supranatural dan nilai-nilai magisnya.  Demikian pula di Banjar Adat Selatpeken,  Kecamatan Susut,  Kabupaten Bangli.  Pura Dalem Setra berada di sebelah selatan desa,  dengan jarak satu kilometer dari perumahan penduduk.  Jarak yang sedemikian itu, karena pura Dalem Setra harus bersekatan dengan wilayah sema/setra (makam).

Kalau memasuki pura tersebut ada anak tangga yang harus dilewati karena Pura berada kurang lebih lima meter lebih tinggi dari permukaan jalan. Seperti pura-pura lainnya di Bali Pura Dalem Setra Selatpeken tersebut terdiri dari tiga bagian,  yaitu nista mandala (bagian luar), madya mandala (bagian tengah), dan utama mandala (bagian paling dalam).  Di bagian nista mandala, setelah anak tangga pengunjung akan disapa oleh dua buah togog penjaga pintu masuk (patung dwarakala) yang di sebelah kanan dan kiri gerbang pintu masuk (candi bentar). Bentuk patung tersebut adalah raksasa atau durga setinggi satu meter lebih. Dengan bentukan pondasi patung,  maka kedua patung tersebut lebih tinggi dari ukuran manusia yang sebenarnya.

Kedua buah patung tersebut termasuk patung yang sudah berumur, karena tetua setempat sudah mewarisinya dari generasi sebelumnya.  Dengan demikian patung tersebut diperkirakan sudah berumur lebih dari tiga generasi,  dan tidak diketahui pasti siapa yang membuatnya.  Dilihat dari gaya dan ukiran kedua patung tersebut, tergolong cukup seni.  Bentuknya bagus,  seperti bentuk rangga dalam lakon calon arang.  Penulis mengetahui pasti sewaktu ada renovasi di pura tersebut yang telah berlangsung dua kali,  patung durga penjaga pintu gerbang pura tersebut tidak pernah tersentuh perbaikan.  Patung dalam bahasa balinya disebut togog. Togog tersebut masih tetap berdiri tegak dan ukurannya pun masih utuh belum ada yang lapuk,  walau sudah berumur.

Di depan para Dalem Setra tersebut adalah jalan umum,  menuju ke sawah di sekitarnya maupun menuju ke kuburan atau juga ke tempek pondokan yang masih dalam wilayah Banjar Adat Selatpeken.  Dengan demikian setiap saat ada saja orang yang lalu lalang. Pengalaman dari mereka yang lalu lalang itulah bahan tulisan ini dikumpulkan, yang sudah menjadi suatu kesimpulan keyakinan orang-orang kampung di situ.

Tidak semua orang mengalami kejadian itu memang benar, tetapi bagi yang mengalaminya cukup memberikan pelajaran berharga untuk selanjutnya mungkin akan merasa kapok sendiri.  Yang mengalaminya adalah mereka yang lewat di depan pura tersebut saat-saat kritis menurut peredaran waktu seperti, tengai tepet. (tepat siang hari pukul 12.00), sarumua (peralihan dari siang ke malam hari),  dan malam hari. Mereka menyaksikan lebih dari satu kali dan dengan pengalaman yang sama.  Patung tersebut seperti bernafas,  hidup dan bergerak-gerak.  Bukan hanya itu,  patung tersebut seperti menari bagaimana layaknya tarian rangda,  dan beralih tempat; yang di kiri ke kanan dan yang di kanan ke kiri.  Jarak antara kedua patung tersebut sekitar tiga meter,  dan jarak antara jalan umum dengan patung berkisar tujuh meter,  jadi masih dalam pengelihatan terang manusia. Penduduk setempat, pada saat-saat kritis tadi tepat berada di jalan di depan pura tersebut dan tanpa disadari menyaksikan kejadian itu.  Mereka yang menyaksikan hal itu,  akhirnya menyadari untuk tidak berada di tempat tersebut atau menghindar dari tempat itu pada saat-saat kritis tersebut.

Sewaktu penulis mendengar cerita tersebut,  penulis konfirmasikan kepada tetua setempat,  kebetulan ia adalah kakek penulis.  Ia adalah seorang tetua adat dengan fungsinya sebagai jero gede, seorang balian, sastrawan, seniman dan sebagai seorang bendesa adat. Sudah tentu beliau mengerti akan alam gaib karena menguasai ilmu kedyatmikan. Kakekku menjelaskan : "togoge ento mula saya hidup,  tenget; pekak suba napetang keketo" (patung itu memang hidup/ada jiwanya,  angker, kakek sendiri sudah mewarisi seperti itu). "Bisa saja patung itu menampakkan dirinya supaya dilihat oleh manusia.  Kalau itu terjadi sepatutnya harus disyukuri,  karena diijinkan Tuhan menyaksikannya. Biasanya orang-orang akan takut terlebih dahulu. Kalau kebetulan sempat melihatnya dengan tanpa ada rasa takut berarti memang diijinkan untuk melihatnya. Sekali lagi hal itu perlu disyukuri". Demikian penjelasan yang diperoleh saat itu.

Lalu mengapa togog bisa hidup ? Kekuatan gaiblah yang sudah memberikan jiwa kepada patung tersebut.  Seperti halnya pohon besar,  atau batu besar,  makhluk halus atau kekuatan tertentu bertempat di situ. Hal itu menyebabkan benda-benda itu menjadi tampak agak beda dan membuat lungkungannya menjadi angker. Mengenai patung rangda dwarakala tersebut,  masyarakat setempat sudah memahami sekali,  sehingga kalau memang sedang upacara di pura tersebut tidak ada seorang pun berani sengaja meraba-raba patung itu.  Hanya Jero Mangku Pura itu saja yanf berani memasang atribut/busana patung itu.

CARA MENGOBATI SARIAWAN DENGAN BENAR

CARA MENGOBATI SARIAWAN DENGAN BENAR
Penderita Sariawan 


Sariawan adalah luka terbuka di jaringan lunak di dalam mulut,  bibir dalam atau pipi dalam, bisa juga muncul di dasar gusi.  Sariawan berwarna putih atau kuning dan dikelilingi oleh daerah merah terang.  Sariawan terasa sakit dan panas, sehingga membuat anda tidak nyaman makan dan berbicara.

Penyebab pasti sariawan masih belum jelas,  meskipun peneliti menduga bahwa kombinasi dari beberapa faktor memberikan kontribusi bahkan pada orang yang sama.  Walaupun sebab pastinya belum diketahui,  namun karena tidak disebabkan oleh bakteri atau virus,  sariawan tidak dapat ditularkan dari orang ke orang.

Pemicu yang mungkin untuk sariawan antara lain :


  1. Cidera kecil di mulut akibat dari perawatan gigi,  terlalu bersemangat menyikat gigi,  kecelakaan olahraga,  makanan pedas atau asam, atau tak sengaja menggigit sendiri lidah atau pipi bagian dalam. 
  2. Pasta gigi dan larutan penyegar mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate.
  3. Kepekaan makanan,  terutama coklat,  kopi, stroberi,  telur,  kacang-kacangan,  keju dan makanan yang sangat asam,  seperti nanas.
  4. Pola makan kurang Vitin B-12,  seng,  folat (asam folat)  atau zat besi.
  5. Respon alergi terhadap bakteri tertentu di mulut.
  6. Helicobacter pyliri,  bakteri yang sama yang menyebabkan tukak lambung.
  7. Perubahan hormonal selama menstruasi.
  8. Stres atau ketegangan emosional.
  9. Sariawan juga dapat terjadi karena kondisi atau penyakit tertentu,  seperti :



  • Celiac, yaitu gangguan usus serius yabg disebabkan oleh kepekaan terhadap gluten (protein yang paling banyak ditemukan dalam biji-bijian).
  • Radang usus,  seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.
  • Behcet,  yaitu gangguan kesehatan langka yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh,  termasuk mulut.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh sih hingga menyerang sel sehat dalam mulut anda,  dan bukan menyerang virus dan bakteri patogen seperti yang seharusnya.
  • HIV/AIDS, yang menekan sistem kekebalan tubuh.


Ada dua jenis sariawan,  yaitu sederhana dan kompleks.  Sariawan sederhana dan kompleks. Sariawan sederhana kadang muncul tiga atau empat kali setahun dan bertahan sampai seminggu, dan biasanya menyerang mereka yang berusia 10-40 tahun. Namun anak di bawah 10 tahun pun mungkin bisa terkena sariawan.  Semakin dewasa,  sariawan jarang terjadi.

Sariawan kompleks kurang umum tetapi lebih serius dan lebih sering terjadi pada orang yang pernah terkena sariawan sebelumnya. Pada jenis ini,  sariawan sering kambuh.

Siapa pun dapat terkena sariawan,  tetapi ada dua faktor yang membuat seseorang lebih rentan :


  1. Sariawan yang terutama yang berupa kelompok luka kecil,  lebih sering terjadi pada wanita.
  2. Sekitar sepertiga penderita sariawan berulang memiliki riwayat keluarga gangguan kesehatan tertebut. Ini mungkin karena faktor keturunan atau faktor bersama di lingkungan,  seperti makanan tertentu atau alergen.


Bagaimana penanganannya ?


  1. Bilas mulut dengan air garam,  atau larutan baking soda (larutan satu sendok teh soda dalam 1/2 cangkir air hangat,  atau campuran satu bagian diphenhydramine (Benadryl) dengan satu bagian Kaopectate atau dengan satu bagian Maalox,  atau hidrogen peroksida yang larutkan dengan perbandingan satu banding satu.  Pastikan untuk meludahkan campuran setelah mengkumurnya.
  2. Bubuhkan sedikit susu magnesium pada sariawan beberapa kali sehari.
  3. Tutup sariawan dengan pasta yang terbuat dari baking soda ditambah sedikit air (hanya cukup untuk membuat campuran itu berbentuk pasta).
  4. Cobalah obat yang dijual bebas yang mengandung bahan pematirasa benzokain, seperti Anbesol dan Orajel.
  5. Hindari makanan kasar,  asam atau pedas yang dapat menyebabkan iritasi labih lanjut dan rasa sakit.  Ini termasuk kacang,  keripik,  kue kering,  rempah-rempah tertentu, makanan asin dan buah-buahan asam,  seperti nanas dan jeruk.  Hindari makanan yang menyebabkan anda alergi.
  6. Pilih makanan sehat untuk mencegah kekurangan gizi.  Makan banyak buah-buahan yang tidak asam,  sayuran dan biji-bijian.
  7. Kompreskan es pada sariawan atau biarkan es perlahan-lahan mencair di atas luka sariawan.
  8. Sikat gigi dengan lembut, mmemenggunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi tanpa busa dan hindari larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate.
  9. Jangan mengunyah dan berbicara pada saat yang sama.  Anda bisa menyebabkan trauma kecil pada lapisan halus dari mulut anda.
  10. Lindungi mulut anda.  Jika anda memakai kawat gigi atau peralatan gigi lainnya,  minta dokter gigi anda untuk menutupi bagian yang tajam.
  11. Jika sariawan anda tampaknya berhubungan dengan stres,  belajarlah mau nggunakan tekhnik pengurangan stres seperti meditasi atau relaksasi,  seperti meditasi atau relaksasi, dan selesaikan masalah penyebab stres.
  12. Mengonsumsi suplemen gizi jika anda mengalami rendah nutrisi penting,  seperti asam folat,  vitamin B-6,  vitamin B-12 atau seng.


Tidak ada obat untuk sariawan sederhana maupun kompleks,  namun ada obat untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.  Kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Periksakan ke dokter atau dokter gigi jika :


  1. Sariawan luar biasa besar atau sangat menyakitkan walaupun telah melakukan langkah-langkah perawatan sendiri seperti di atas atau sariawan yang tampaknya tidak juga sembuh.
  2. Sariawan berlangsung tiga minggu atau lebih.
  3. Kesulitan makan dan minum yanf cukup parah.
  4. Demam tinggi.
  5. Sariawan kambuh lebih sering dari empat kali per tahun.
  6. Muncul masalah lain seperti ruam,  diare,  sakit kepala,  atau masalah kulit bersamaan dengan munculnya sariawan


Sariawan menyebar atau muncul tanda-tabda infeksi yang menyebar.