Tuesday, May 1, 2018

MAKANAN IKAN GURAME

Pakan Ikan Gurami

Memelihara ikan gurami gampang gampang susah. gampangnya adalah makanan yang kita berikan mudah kita dapatkan. Sedangkan susahnya adalah dari segi perawatan. Kita harus mempunyai kemauan yang keras dan telaten dan satu lagi kita harus cukup mempunyai pengetahuan tentang Ikan Gurami khususnya dalam pemberian makanan. kalian tidak perlu khawatir karena di sini kalian bisa mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa kita berikan sehingga ikan gurami akan sehat atau tidak sakit sakitan.

Gurami adalah makhluk vegetarian yang hanya mau menyantap makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai herbivora. Mungkin dari kebiasaan makannya yang hanya berasal dari bahan-bahan nabati inilahpertumbuhan badan gurami berjalan lambat. Seperti yang kita tahu kandungan gizi (protein dan sebagainya) dalam makanan initidak begitu banyak dibandingkan bahan pangan hewani misalnya. Namun bisa juga pertumbuhan gurami lambat karena memang sitem metabolisme di dalam tubuhnya berjalan lambat.

Makanan yang sering disikat oleh gurami remaja dan induk adalah
1. Daun Keladi
2. Ketela Pohon
3. Pepaya
4. Ketimun
5. Genjer
6. Kimpul
7. Kangkung
8. Ubi Jalar
9. labu

Meskipun berbagai daun-daunan ini bisa diberikan kepada remaja dan induk gurami, namun ada beberapa di antaranya yang perlu mendapat perhatian. Daun pepaya, konon menurut petani gurami tidak baik bagi induk karena bisa merusak kantung telur sehingga sering manggagalkan pemijahan ikan gepeng ini. Berbeda dengan daun ubi jalar yang juga kurang bagus bagi induk karena kandungan proteinnya yang rendah, sehingga induk-induk yang banyak diberi daun ini menjadi kurang produktif.

Konon yang paling bagus untuk makanan induk dan Remaja adalah daun keladi. Namun daun ini tidak boleh langsung diberikan kepada ikan. harus dikeringkan (dilayukan) dahulu agar getahnya yang sering menyebabkan kawanan gurami terserang penyakit cacar, kering, Pengalaman di lapangan menunjukkan berapa banyak pun daun keladi ini diumpankan ke kolam gurami, maka dalam waktu singkat akan disantapnya hingga tinbggal tulang-tulang (daunnya) saja.

Mjungkin yimbul pertanyaan kemudian, apakah benih-benih gurami yang masih kecil dan roingkih itu juga menyantap dedadunan? Akan halnya benih-benih gurami, menurut para ahli ikan Gurami pada awalnya larva Gurami (yang telah habis kuning telurnya) akan memakan Infusoria dan Rotifera, yaitu jasad renik yang bisa diperoleh di perairan umum atau mengkulturnya di kolam. Setelah berumur beberapa hari, benih akan mengincar larva insekta telur semut, rayap, crustacea. Sejalan dengan pertumbuhan badannya, mereka mulai tertarik pada tumbuhan pada tumbuhan air yang lunak. Baru setelah itu mulailah fase hidupnya sebagai vegetarian.

Tetapi bila kita menganggap gurami sebagai vegetarian sejati mungkin kurang tepat, sebab bila ke dalam kolam dimasukkan rayap dan telur semut mereka akan segera berebut, dan mereka pun mau menyantap makanan tambahan seperti dedak, ampas tahu dan berbagai bungkil.

1 comment: